Menentukan jatah makan sesuai gizi seimbang

Menentukan jatah makan sesuai gizi seimbang

Jatah makan bisa membuat pertanyaan bagi sebagian besar orang.

Mengapa ini jadi pertanyaan? Iya, pertanyaan ini bahkan bisa muncul dari warung makan padang.

Warung makan padang terkenal dengan ‘polemik’: kok jatah nasi warung padang yang makan di tempat sama bungkus makan di rumah kok beda, ya?

Sebagian besar laki-laki dewasa bisa menghabiskan jatah nasi warung padang bungkus makan di rumah, tapi hanya sebagian kecil saja perempuan dewasa yang tidak menyisakan porsi yang sama.

Begitu juga untuk anak laki-laki, mereka mungkin tidak bisa menghabiskan jatah yang sebegitu banyaknya dalam sekali makan.

Jadi, sebenarnya, jatah makan mana yang benar? Jatah makan yang memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Nah, setelah baca artikel ini hingga akhir, Anda akan memahami bahwa jatah tiap orang berbeda dan berapa jumlahnya masing-masing.

Contoh Mudah Jatah Makan Tiap Orang Berbeda

“Lho, memang kebutuhan makan tiap orang berbeda?”

Tentu saja. Anda bisa memperhatikan, jumlah menu sarapan yang Anda konsumsi pagi ini pasti berbeda dengan jumlah menu Anak Anda. Atau jumlah nasi di piring Anda tentu berbeda dengan jumlah nasi di piring pasangan Anda.

Mudahnya, kebutuhan gizi tiap orang berbeda beda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

Contoh lagi, porsi makan laki-laki dewasa, perempuan dewasa, dan anak-anak pastilah tidak sama

jatah makan
Sumber : dokumentasi eatright.id 2021
jatah makanan sesuai gizi seimbang
Sumber : dokumentasi eatright.id 2021

 

Contoh Jatah Makan Makanan Pokok Tiap Orang

Dalam sehari, anak-anak usia 4-6 tahun porsi makanan pokoknya hanyalah 4 porsi, sementara itu laki-laki dewasa usia 19-29 tahun memerlukan 8 porsi, dan wanita dewasa usia 19-29 tahun hanya perlu 5 porsi.

Aturan porsi ini tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Download tabel anjuran porsi makan di sini

Pembagian Jatah Makan Sehari

“Lalu, bagaimana pembagian jatah makan sehari?”

Porsi makan dalam sehari itu perlu kita bagi-bagi jatahnya per waktu makan.

Untuk itulah ada yang namanya menu sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan.

Anda boleh membagi waktu makan Anda menjadi 3x atau 5x dalam sehari.

Sumber : dokumentasi eatright.id 2021

 

Nah, sampai sini, Anda tentu sudah paham bahwa setiap orang punya kebutuhan gizi dan waktu makan masing-masing, sehingga tren mukbang yang masih memenuhi layar kaca bukanlah perilaku yang tepat untuk dicoba.

Oh, iya, dari tadi kita selalu bahas tentang porsi ya, mungkin Anda mulai bertanya,

“porsi yang dimaksud itu yang bagaimana sih?”
“1 porsi itu jumlahnya berapa?”

Tenang, semakin banyak pertanyaan yang muncul, itu artinya Anda semakin tertarik dengan pembahasan gizi seimbang. Anda bisa menyimak penjelasan besaran porsi plus cara memilih jenis makanan sesuai gizi seimbang di sini.

Yuk, Bagikan kebaikan: