Gizi Seimbang solusi lebih ampuh daripada Empat Sehat Lima Sempurna

Gizi Seimbang solusi lebih ampuh daripada Empat Sehat Lima Sempurna

Sebagian besar orang mungkin belum mengenal gizi seimbang, tapi sebagian besar dari kita mungkin sudah akrab dengan empat sehat lima sempurna, betul?

Wajar, Konsep dan slogan 4 sehat 5 sempurna yang begitu melegenda telah diperkenalkan sejak 70 tahun yang lalu pada tahun 1952..

Sosok yang memperkenalkannya pun tidak tanggung-tanggung: Bapak Gizi Indonesia, Profesor Poorwo Soedarmo

Konsep 4 sehat 5 sempurna diperkenalkan untuk mengatasi masalah gizi saat itu.

Saat itu, Indonesia sedang mengalami masalah gizi yakni kejadian kelaparan berat (kwashiorkor dan marasmus). Untuk mengatasi masalah tersebut, diperkenalkanlah konsep 4 sehat 5 sempurna ke masyarakat luas.

Konsep 4 sehat 5 sempurna menganjurkan kita untuk mengonsumsi 5 jenis makanan yaitu: makanan pokok sebagai sumber tenaga, lauk pauk sebagai sumber zat pembangun dan pemelihara, sayur dan buah sebagai sumber zat pengatur, dan lemak yang disempurnakan oleh susu.

Dengan demikian, berdasarkan kaidah 4 sehat 5 sempurna, apabila seseorang mengonsumsi makanan yang terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur serta buah maka itu baru disebut makanan sehat tapi belum sempurna. Makanan tersebut baru akan dikatakan sempurna jika sudah ditambah susu. Menarik bukan?

Yang lebih menarik lagi, tahukah Anda jika konsep 4 sehat 5 sempurna yang mungkin sekarang masih diajarkan di kelas-kelas, ternyata sudah tidak relevan lagi.

Mengapa? salah satunya, karena hari ini kita menghadapi masalah gizi yang berbeda, sebagai mana yang telah kita bahas bersama pada artikel sebelumnya: https://eatright.id/masalah-gizi/

Faktanya, slogan 4 sehat 5 sempurna sudah diganti sejak tahun 1995. Sudah lama sekali, ya?

Setidaknya ada 3 alasan kenapa 4 sehat 5 sempurna akhirnya diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang.

Tidak ada anjuran konsumsi seimbang

 

Pada 4 sehat 5 sempurna, tidak terdapat panduan banyaknya jumlah yang harus dimakan dari setiap jenis makanan.

Jadi, jika menu makan siang Anda terdiri dari kentang goreng, burger dan minuman es jeruk soda, maka secara konsep 4 sehat 5 sempurna, makan siang Anda sudah termasuk kategori makanan sehat.

Kenapa?
Karena ada kentang dan roti sebagai makanan pokok, daging pada burger sebagai lauk pauk dan sumber lemak, selada dan tomat sebagai sayur, serta sari jeruk sebagai buah. Anda tinggal menambahkan susu agar menu makan siang Anda menjadi sempurna.

gizi seimbang junk food tidak sama dengan makanan sehat

Tapi apakah porsinya sudah tepat? Mari kita perhatikan kembali

Ternyata dari makanan tersebut, makanan pokoknya cenderung berlebih karena ada roti dan juga kentang. Kandungan protein berlebih karena ada keju dan daging. Kemudian kandungan lemak yang berasal dari daging dan kentang goreng cukup tinggi. Sementara itu, jumlah sayur dan buahnya sangat sedikit.

Bagaimana jika menu makan siang Anda selalu sama?

Tentunya pola makan yang seperti itu yang akhirnya banyak menimbulkan masalah gizi. Anda bisa saja akan mengalami obesitas dan kekurangan zat gizi mikro. Jadi, bisa dikatakan bahwa konsep 4 sehat 5 sempurna sudah tidak tepat.

Benarkah susu sebagai penyempurna?

Pada 4 sehat 5 sempurna, susu dianggap sebagai makanan penyempurna. Oleh karena itu, jika Anda makan tapi belum minum susu maka asupan Anda dianggap tidak sempurna.

susu gizi seimbang

Hal ini tentu saja tidak benar. Susu merupakan bagian dari kelompok protein hewani. Oleh karena itu, fungsinya bisa digantikan oleh sumber protein lainnya. Misal : ikan, daging, hati, teri, telur dari jenis protein hewani atau bahkan sumber protein nabati seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Tidak ada anjuran minum air dan olahraga

Pada 4 sehat 5 sempurna, anjuran pola makannya tidak mencakup anjuran untuk minum air dan juga tidak ada anjuran perilaku sehat lainnya seperti olahraga.

gizi seimbang olahraga

Padahal, untuk dapat hidup sehat, Anda bukan hanya perlu memperhatikan pola makan, tetapi juga harus menerapkan kebiasaan sehat lainnya seperti melakukan olahraga, memperhatikan kebersihan lingkungan, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta istirahat yang cukup.

Itulah mengapa akhirnya 4 sehat 5 sempurna diganti jadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Pada konsep 4 sehat 5 sempurna terlalu banyak hal yang kurang tepat dan malah berpotensi menyebabkan masalah gizi. 4 sehat 5 sempurna terlalu mengedepankan aspek kualitas makanan tanpa memberikan anjuran jumlah konsumsi dan perilaku hidup sehat.

Sementara itu, Pedoman Gizi Seimbang merupakan pedoman lengkap yang mencakup anjuran kualitas dan kuantitas makanan, disertai dengan anjuran perilaku hidup sehat.

Anda tidak hanya diminta memperhatikan apa-apa yang masuk ke mulut, namun juga diharuskan mengupayakan pola hidup yang sehat untuk menyeimbangkannya.

Saat Anda sudah membaca sampai pada paragraf ini, itu artinya Anda sudah mengetahui kelebihan konsep Gizi Seimbang. Anda setuju bahwa konsep Gizi Seimbang lebih tepat dan lebih powerfull dibanding 4 sehat 5 sempurna, dan Anda siap untuk menerapkannya.

Bagaimana cara menerapkan Gizi Seimbang secara mudah? Simak Lima Langkah mudah menjalani Gizi Seimbang setiap hari

Yuk, Bagikan kebaikan: